oleh

DPP FABEM Mendukung Wacana MA, Terkait Peran TNI Menjaga Pengadilan di Seluruh Indonesia

PILARNEGARA.COM – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Forum Alumni Badan Eksekutif Mahasiswa (DPP FABEM) Bidang Keamanan dan Pertahanan mendukung penuhwacana TNI menjaga pengadilan di seluruh Indonesia. yang di wacanakan oleh Mahkamah Agung (MA).

Seperti yang di katakan oleh plt sekretaris MA, Sugiyato. dalam seminar di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2023).

“Wacana ini bisa dilihat militer sudah di bawah lingkup Mahkamah Agung. MA ada 4 pilar, salah satunya adalah peradilan militer. Saya rasa bisa ditempatkan di pengadilan,” ucap Sugiyanto Di kutip dari detik.com

Maemun selaku ketua DPP FABEM Bidang Keamanan dan Pertahanan mendukung penuh yang di wacanakan oleh MA.

“Saya mendukung penuh apa yang di wacanakan oleh MA tersebut, sebab pak jokowi kemana pun selalu menggandeng TNI POLRI”, Ujar Maemun Saat dirinya mengonfirmasi awakmedia melalui sambungan telepon, Rabu (13/09/2023).

Baca Juga :  Bantuan Pemprov Banten Untuk Pesantren dan Madrasah, Sepenuh Hati?

Ia Juga menambahkan “Bahwa hari ini perlunya TNI dilibatkan di ranah itu karena apa, TNI lah yang masih pro kepada rakyat”, Tambah Maemun.

Maemun yang juga menjabat sebagai wakil ketua umum (waketum) Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Islam (PW GPI) Jakarta Raya, bahwa Perlu di ketahui MA adalah lembaga peradilan tertinggi yang ada di indonesia.

“Jika di MA hanya saja ada polri maka terkesan tidak seimbang, maka perlu nya sinergi antara TNI POLRI, agar seimbang dalam penegakan hukum tersebut, karena MA Lembaga Peradilan tertinggi yang di indonesia”, Ujar waketum PW GPI Jakarta Raya.

Terakhir Maemun juga menjelaskan pelaksanaan tugas kewilayahan bagi TNI telah diatur dalam Undang-Undang Nomor. 34 tahun 2004 tentang TNI, yang menyebutkan bahwa tugas pokok TNI untuk melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). (RED)

Baca Juga :  H. Abdul Malik SH MH, Dari Pejuang Hukum Menuju Gelanggang Politik Senayan
Loading...

Baca Juga