oleh

Gubernur Maluku Harap Majelis Latu Pati Berperan Tangkal Issu Perpecahan

PILARNEGARA.COM, BULA – Dalam agenda Kunjungan Kerja, Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Drs. H. Murad Ismail menghadiri Pengukuhan dan Pelantikan Majelis Latupati Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) periode 2023-2027 yang berlangsung di pandopo Bupati, Senin (13/03/2023) Pukul 21: 00 WIT.

Terlihat hadar, Ketua TP-PKK Provisni Maluku Ny, Widya Pretiwi Murad, Sekda Provinsi Maluku, Sadali Le. Sekda SBT Djafar Kwairumaratu dan seluruh undangan lainnya.

Pengukuhan dan Pelantikan Majelis Latupati dilaksanakan Sesuai ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) majelis Latupati Provinsi Maluku dan keputusan musyawarah II majelis latupati Seram Bagian Timur Nomor 04/MLSBT/03/2023 tentang kriteri, prosedur dan mekanisme pemilihan ketua sekertaris dan formatur.

Raja Negeri Kiandarat, Abdul Razak Weul Artafella dan Raja Negeri Utta, Hasyim Warat didaulat memimpin kepengurusan organisasi adat ini berdasarkan surat keputusan Nomor:01/SBT/03/ 2023 tentang Pemilihan dan Penetapan Ketua dan Sekretaris Majelis Latupati Kabupaten SBT periode 2023–2027.

Baca Juga :  Deklarasi Jokowi-Makruf Usai, Pesantren Ini Kembali Dukung Prabowo

Keduanya terpilih dalam musyawarah besar Ke-II majelis Latupati Kabupaten Seram Bagian Timur yang digelar di Bula pada Sabtu pekan lalu.

Gubernur menyambut baik atas pelatikan dan pengukuhan Majelis Latupati Seram Bagian Timur, saat menyampaikan sambutannya, gubernur berharap kegitan ini membawa tali silaturahmi, komonikasi serta interaksi baik diantara majelis latupati pemerintah daerah demi membangaun Kabupaten Seram Bagian Timur.

Oleh karena Maluku sering ada gesekan dalam kelompok masyarakat, Jenderal 2 Bintang ini mengingatkan agar selalu menjaga hubungan tali persaudaraan dengan menghindari isu provokatif.

“Saya memberikan apresiasi atas dukungan para latupati dalam menjaga produktifitas, sosial keamanan di wilaiyah Seram Bagian Timur, mari kita jaga persatuan dan kesatuan sesama anak negeri, jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu yang dapat memecah bela persaudaraan, dengan semanngat Ita Wotu Nusa mari membangaun negeri, kita wujudkan kabupaten seram bagian timur lebih baik”. Ucapnya

Baca Juga :  21 Santri Ponpes DDI Mangkoso Lanjutkan Study ke Universitas Al-Azhar

Murad Ismail berharap dengan adanya majelis latupati ini dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat guna membangun SBT ke arah lebih baik, diakhir sambutanya dirinya selaku Gubernur Maluku dan atas nama pribadi mengucapkan selamat memasuki bulan suci ramadhan bagi masyarakat SBT.

“Atas nama pribadi, keluarga serta pemerintah daerah provinsi maluku, mengucapakan marhaban ya ramadhan selamat memasuki bulan suci ramadhan, semoga dibulan yang mubarakoh ini kita mendaptakan ridho dari Allah SWT, amin ya Rabbal Alaamin”.

Dikesempatan yang sama, Ketua majelis Latupati Maluku Hi. Ibrahim MH Wokas menguraikan, majelis latupati bukan sesuatu yang asing bagi kita, dalam sepak terjang yang mengedepankan asas moral, spritual sebagai wujud pencernaan seluruh komponen masyarakat adat di Seram Bagian Timur, sesuai amant undang-undanh nomor 6 tahun 2014 secara tegas telah mengatur berbagai hal terkait desa adat dan negeri.

Baca Juga :  Polres Kebumen Jajaran Secara Masif Bagikan Ribuan Masker

“Harus diakui belum sepenuhnya kita mengimplentasikan secara benar sesuai peraturan perundang undangan yang dimaksud, olehnya itu berbagai tentangan menanti kita kedepan, sehingga berbagai hal yang harus kita kerjakan, untuk itu perlu saya sampaikan, organisasi Majelis Latupati SBT maupun provinsi adalah oraganisasi adat, bukan oranganisasi politik atau organisasi lainnya, maka mari kita laksanakan adat secara baik dan benar maka pada kesempatan ini saya ucapkan selamat melaksanakan tugas yang telah diamanatkan kepada kita sekalian” Terang Wokas. (EVA).

Loading...

Baca Juga