oleh

Wujudkan Sistem Pemerintahan Yang Baik, Pemda SBT Gelar Sosialisasi ASN Berakhlak

PILARNEGARA.COM – Langkah memajukan sistem pemerintahan yang baik, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) bersama Ombudsmen perwakilan Provinsi Maluku. Gelar sosialisasi  ‘ASN Berakhlak’ dengan melibatkan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di Hotel Mutiara-Bula, Sabtu (17/12/22).

Dalam sambutanya Asisten II, M. Idris Boufakar saat mewakili Bupati SBT menitik beratkan pada peran ASN dalam memberikan pelayanan yang baik. Terutama pada aspek-aspek kelembagaan organisasi, ketatalaksanaan dan Sumber Daya Manusia.

“Informasi birokrasi senyatanya terus di gaungkan. Sebagai bagian dari upaya pemerintah mewujudkan suatu sistem penyelenggaraan kepemerintahan yang baik, Good governance. Terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan organisasi ketatalaksanaan dan sumber daya manusia aparatur, ” sebut Boufakar.

Menurut Idris, salah satu bentuk upaya tersebut adalah melalui tatanan nilai dasar aparatur sipil negara (ASN).  Selaku penyelenggara birokrasi pemerintahan dalam rangka optimalisasi pelayanan umum, di mana pelayanan umum yang cepat, profesional, transparan, dan lebih mudah. Merupakan harapan dari seluruh masyarakat kita.

Baca Juga :  Babad Banten: Amalkan Nilai-Nilai Al Quran, Jangan Hanya Dihafal

“Saat ini pemerintah terus mendorong terciptanya birokrasi yang dinamis. Dengan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, sfesien, dan cepat dalam mengambil keputusan,”. jelas Idris

Lanjut Idris, aparatur harus lebih lincah dan inovatif. Birokrasi digerakkan oleh sumber daya manusia aparatur yang handal, karena itu peran aparatur sangat signifikan bagi tercapainya tujuan.

Sehingga itu Boufakar berharap pelaksanaan sosialisasi ASN Berakhlak mulai yang dilaksanakan pada hari ini. Dan kedepan harus menjadi pedoman  cara ASN berpikir dan bekerja melayani bangsa. Karena nilai dasar ini menjadi fondasi dalam membangun Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Maluku, Hasan Selamat, SH. MH saat menyampaikan materi sosialisasi. Mengatakan, tatanan nilai dasar ASN tersebut telah di luncurkan oleh presiden Joko Widodo. Pada 27 Juli 2021 yang lalu, dalam kegiatan peluncuran Core Values dan Employer Branding ASN.

“Dimana nilai-nilai dasar ASN tersebut adalah berakhlak dengan employer branding atau semboyan bagi ASN yaitu Bangsa Melayani Bangsa, ” Ujarnya.

Baca Juga :  GPI SBT Menilai Pantai Rolex, Bergeser dan Keluar Jauh Dari Skema Fungsional Ruang Publik
Iya juga menjelaskan, Berakhlak merupakan panduan perilaku bagi ASN. Nilai dasar yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab dan menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional.

Kendati demikian, aparatur sipil negara dalam hal ini pegawai negeri sipil mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis. Dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas umum pemerintahan dan pembangunan sebagai salah satu wujud dari cita – cita bangsa. Dan tujuan negara sebagaimana tercantum dalam pembukaan undang-undang dasar negara republik Indonesia tahun 1945,” tutupya. (AMR).

Loading...

Baca Juga