oleh

Sekum GPI SBT; Internet Gratis Solusi Bagi Peningkatan Wisata di SBT

PIRALNEGARA.COM – Tingginya pengguna Jasa Internet diera digital saat ini, memaksa semua tempat publik dapat terkoneksi ke perangkat telekomunikasi melalui jaringan internet baik secara gratis maupun berbayar.

Sehingga itu, menurut pandangan Sekretaris Umum Gerakan Pemuda Islam (GPI) Kabupaten Seram Bagian Timur, Syaidin Gassam, kepada media ini, Selasa, (1/3/22). adalah kesempatan emas bagi pemerintah daerah untuk menggenjot usaha pariwisata di Seram Bagian Timur.

Kenapa tidak, menurutnya! lesunya pengunjung di tempat wisata seperti Pantai Gumumae bukan saja terbatasnya fasilitas pendukung dan ketersediaan spot hiburan, namun pemerintah tidak melirik jaringan WiFi publik sebagai stimulan meningkatkan pengunjung.

“Inikan jamannya digital, semua orang menggunakan jasa internet dimana saja dan kapan saja, harusnya Pemda melirik ini, ya dengan menyediakan Akses Internet Gratis melalui jaringan WiFi Publik”. Terang Gassam.

Baca Juga :  Pastikan Kedaulatan Rakyat Tidak Dicurangi, GPI Instruksikan Gelar Aksi Massa Se-Indonesia

Mengenai caranya, Gassam menambahkan agar Dinas Pariwisata dapat berkolaborasi dengan Dinas Kominfo Kab. SBT untuk memfasilitasi WiFi Publik lewat Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi untuk beberapa tempat wisata yang menjadi wisata binaan.

“Menurut saya, Pariwisata harus kolaborasi dengan Kominfo, biar usulkan WiFi Publik lewat BAKTI” tuturnya.

Pemerintah kabupaten SBT dituntut untuk memberikan akses internet gratis untuk masyarakat melalui jaringan wifi publik. Gassam menyarankan, Akses ini tidak hanya didanai dari APBD, namun juga berkolaborasi dengan pelaku industri telekomunikasi.

“Kita Taulah besar APBD SBT, Jadi untuk akselerasi pelayanan, pemkab harus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak termasuk penyedia jaringan telekomunikasi”. Ungkapnya.

Tambah Gassam, Banyak manfaat positif dari keberadaan jaringan internet yang lancar, selain merangsang ekowisata, juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat ditengah Pandemi saat ini.

Baca Juga :  AMBB dan Gardapati Terus Konsolidasi Kemenangan Paslon 01

“Pandemi menyebapkan terjadi perubahan cara kerja, cara berfikir bahkan cara jual beli, promosi dan lainya. Makanya akses internet publik ini perlu didekatkan ke masyarakat, selain strategi meningkatkan usaha pariwisata, juga dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat, mislakan produk kreatif masyarakat SBT dapat dijualbelikan di platform e-commerce”. Tutupnya. (RED)

Loading...

Baca Juga